Post Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 15 Juli 2018

Makanan-Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

Makanan adalah faktor utama penyebab asam urat tinggi. Pasalnya asam urat disebabkan oleh konsumsi zat purin yang berlebihan. Sementara itu, ada beberapa makanan yang memang mengandung zat purin yang cukup tinggi.

Makanan penyebab asam urat (boldsky.com)

Zat purin itu nanti akan diolah oleh tubuh jadi asam urat. Namun jika kadar asam uratnya terlalu berlebihan, maka ginjal tidak akan mampu mengeluarkannya dan kristal asam urat akan menumpuk di persendian. Oleh sebab itu, orang yang menderita asam urat tinggi sering mengalami nyeri sendi yang menyakitkan.

Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat tinggi karena makanan tersebut mengandung zat purin yang tinggi. Intinya terlalu banyak mengkonsumsi makanan ini, asam urat dalam tubuh akan naik drastis, jadi sebaiknya Anda hindari saja!

1. Daging


Kandungan zat purin dalam daging sangatlah tinggi. Contohnya saja daging sapi yang mengandung zat puring sebanyak 110 mg, daging domba 187 mg dan daging ayam sebanyak 175 mg. Sedikit saja mengkonsumsi daging tersebut, maka asam urat akan naik dengan cepat. Khususnya bagi penderita asam urat, makan daging tidaklah dianjurkan. Atau pun jika mau, jangan terlalu banyak mengkonsumsinya.

2. Jeron


Jeroan hewan seperti otak, hati, limpa dan babat adalah sumber purin yang paling dominan. Bagaimana tidak, jeroan seperti hati mengandung purin sebanyak 554 mg, sementara limpa 444 mg, jauh lebih besar dari bagian daging hewan.

Baca Juga: Mana yang Lebih Baik, Kopi Biasa atau Kopi Hitam?

3. Seafood


Selain hewan darat, hewan laut atau seafood juga berpotensi besar dalam meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Kerang contohnya yang mengandung purin sebanyak 112 mg, udang 147 mg, lobster 118 mg, ikan sarden 480 mg atau ikan tuna yang mengandung purin sebanyak 290 mg.

4. Sayuran


Sayuran yang notabene memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, ternyata kurang baik jika dikonsumsi oleh penderita asam urat. Sebab sayuran seperti asparagus, bayam dan kembang kol mengandung zat purin yang lumayan tinggi, hampir setara dengan daging hewan. Jika ingin mengkonsumsinya, jangan makan sayuran terlalu berlebihan.

5. Kacang-kacangan


Sama halnya dengan sayuran, kacang-kacangan juga mengandung zat purin yang cukup tinggi. Termasuk kacang kedelai yang banyak diolah jadi tempe, tahu, oncom atau susu kedelai. Jika dikonsumsi terlalu berlebihan, akibatnya kadar asam urat akan meningkat drastis. Selain kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau dan tauge juga mengandung purin yang banyak.

Itulah beberapa makanan yang paling umum menyebabkan asam urat. Jika Anda memiliki kadar asam urat yang tinggi, sebaiknya hindari makanan tersebut dan ganti dengan makanan alternatif. Namun jika kadarnya sedang-sedang, jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan-makanan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar